Cara Mengatasi Jaringan Sinyal 4G yang Lemot (Ngebut Lagi)

Cara Mengatasi Jaringan Sinyal 4G yang Lemot (Ngebut Lagi)


Assalamu'alaikum - Semakin hari perkembangan teknologi khusunya untuk masalah jaringan semakin berkembang pesat. Sebelumnya jika kita menggunakan koneksi internet dengan jaringan 3G/H+, sekarang kita sudah bisa merasakan nikmatnya jaringan 4G LTE yang 2-4x lebih cepat dari 3G.

Lebih cepat bukan berarti tidak lemot, ya!? Dalam beberapa kasus ternyata jaringan 4G juga masih memiliki jaringan yang tidak stabil atau bahkan jaringanya hilang sendiri tanpa sebab.

Terkadang ketika kita sedang asyik berselancar di internet tiba-tiba saja sinyal yang tadinya 4g berubah seketika menjadi 3g.

Penyebab dari masalah ini bisa beragam. Bisa disebabkan dari penyedia layanan atau bisa juga karena masalah lokasi dan wilayah yang sedang kita tinggali memiliki sinyal 4g yang lemah atau bahkan belum terjangkau layanan 4G.

Lalu bagaimana cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil dan lemot?


Cara Mengatasi Jaringan 4G Lemot Tidak Stabil


Biasanya jika sinyal 4g mulai lelet (lemot) saya sering melakukan beberapa cara berikut ini.

#1. Mengaktifkan Mode Pesawat


Pertama buka Pengaturan (setelan) lalu buka menu Jaringan & Internet.


Setelah itu silahkan anda aktifkan Mode Pesawat dan tunggu hingga beberapa menit > lalu Non-aktifkan kembali.


Biasanya dengan cara ini akan merefresh jaringan yang kita gunakan untuk mendapatkan jaringan lainya yang lebih baik. 

#2. Mengganti Jaringan ke LTE Only


Cara kedua kita bisa memfokuskan sinyal hanya untuk jaringan 4G LTE saja. Cara ini sering saya gunakan apabila sinyal mulai bermasalah dan alhasil cukup memuaskan. Berikut caranya:

Pertama buka Pengaturan (setelan) lalu buka menu Jaringan & Internet.


Kemudian masuk ke menu Jaringan Seluler.


Setelah itu buka menu Jenis jaringan yang dipilih.


Kemudian ganti jenis jaringan menjadi LTE.


Catatan: Pada beberapa tipe hp android mungkin mempunyai nama setelan yang berbeda. Ada yang bertulisan 4G Only / Hanya LTE.

#3 Mengganti APN


Apa itu APN? APN berfungsi untuk mengatur akses internet pada kartu sim yang kita gunakan agar  dapat berselancar di internet. 

Sebenarnya kita bisa lho, mengubah setelan APN yang sudah ada dengan setelan APN lainya. Setiap setingan APN bisa memilikk kecepatan internet yang berbeda.

Saya tidak menyebutkan setingan APN setiap provider karena pasti pembahasanya jadi panjang banget. Anda bisa mencari settingan APN sesuai provider yang anda gunakan seperti: smartfreen, tri, indosat, axis, telkomsel dan xl.

Kata kunci untuk mencari APN seperti ini "APN Terbaik Telkomsel" kalau pakai kartu selain telkomsel bisa diganti dengan yang lainya (Axis, XL dll).

#4. Pindah Tempat


Sudah melakukan cara di atas tapi masih lemot? Mungkin sudah saatnya pindah tempat!

Bukan mustahil bahwa tempat yang anda tempati saat ini memiliki jaringan 4G yang belum terjangkau. Meskipun dipaksakan kaya apapun kalau sinyalnya saja tidak ada gimana mau ngebut?

#5. Mengganti Kartu


Cara ini hampir mirip dengan poin nomor 4 sebelumnya. Hanya saja kali ini lebih efisien. 

Ngga mau repot buat pindah-pindah tempat? Simpel kok, ganti saja kartu sim anda yang lama dengan kartu sim yang jaringan 4Gnya sudah terjangkau di daerah tersebut.

Saya juga pernah mengalami kasus seperti ini. Ketika saya di kota jaringan 4Gnya lancar, namun setelah masuk agak ke pelosok desa mulai deh jaringan 4Gnya menghilang sampai ada tulisan Panggilan Darurat.

Tapi, jaringan sinyal punya sepupu saya tidak ada penurunan alias tetap full 4G meskipun sudah masuk ke pelosok desa. Jadi penggunaan kartu sim juga perlu diperhatikan sesuai daerah yang sudah masuk layanan 4G.

#6. Merestart HP


Terakhir cobalah untuk merestart hp apabila sinyal mulai lemot dan tidak stabil. Hal ini akan merefresh jaringan kartu dan mencari sinyal yang lebih baik lagi.

Jadi fungsinya hampir serupa dengan mode pesawat. Namun kalau menurut saya pribadi, tetap lebih ngefek kalau direstart 🙂

Penutup


Itulah cara mengatasi jaringan 4g yang lemot dan tidak stabil yang bisa saya bagikan. Apabila ada kesalahan ketik atau kekeliruan dalam mengucapkan saya minta maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Harap berkomentar dengan bijak