Jumat, 05 Juni 2020

√ Cara Ampuh Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak

Cara memperbaiki mesin jahit rusak


Mesin jahit merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi penting untuk pakaian, baik itu membuat atau memperbaikinya. Mesin jahit termasuk sebagai salah satu alat yang memiliki keawetan sangat lama. Namun jika anda tidak rutin melakukan perawatan tentu akan menjadikan mesin jahit cepat rusak.

Disini anda harus segera mungkin melakukan perbaikan bilamana mesin jahit mengalami kerusakan. Anda harus melihat faktor apa yang menyebabkan mesin jahit milik anda rusak sebelum memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa tips memperbaiki mesin jahit yang rusak!

Memberikan Pelumas Pada Mesin


Salah satu kendala yang sering terjadi pada mesin jahit adalah suaranya yang tiba-tiba bising sangat keras. Selain itu, kinerja dari mesin jahit juga kurang efektif karena adanya hal-hal yang menyumbat mesin.

Bilamana terjadi hal seperti itu, anda harus memberikan pelumas pada mesin. Lakukan secara rutin untuk mencegah kemacetan pada mesin jahit. Sehingga kinerja pada mesin jahit akan terus berjalan dengan lancar.

Membersihkan Kotoran


Menyumbatnya kotoran juga menjadi salah satu faktor rusaknya mesin jahit. Bahkan bisa membuat mesin tidak bisa berjalan. Disini anda harus sering melakukan pembersihan pada bagian mesin.

Lakukan secara rutin setiap harinya bila anda selalu menggunakan mesin jahit. Anda bisa menggunakan alat yang dapat menjangkau bagian kecil seperti kuas dan berbagai macam alat lainnya.

Mengganti Jarum


Terkadang ketika seseorang menjahit pakaian, benang tidak bisa masuk ke dalam kain yang dijahitkan. Hal seperti ini seringkali terjadi kendala pada bagian jarum mesin jahit yang sudah harus diganti.

Jarum seperti itu sudah tumpul dan sudah tidak lagi berfungsi pada mesin jahit yang digunakan. Dengan menggunakan cara yang satu ini akan membuat anda mudah menjahit pakaian kembali.

Gunakan Jarum yang Tepat


Ketika anda mengalami kendala jarum sering patah saat menjahit pakaian. Berarti anda salah menggunakan ukuran jarum. Ada berbagai macam tipe dan ukuran jarum jahit di setiap mesin jahit yang berbeda-beda.

Disini anda harus menyesuaikan antara jarum dengan mesin jahit yang digunakan. Dengan begitu, anda akan bisa menjahit pakaian dengan lancar tanpa adanya kendala jarum patah atau hal lainnya.

Melepas Benang Bagian Bawah


Untuk memperbaiki mesin jahit yang rusak, anda juga dapat melakukannya dengan melepas benang jahit di bagian bawah. Pada bagian ini seringkali mengalami kendala kongslet atau benang tidak berjalan sesuai arah. Untuk itu, anda harus melepasnya terlebih dahulu kemudian memasang benang tersebut kembali.

Selain itu, anda juga harus mengecek benang yang ada di bagian bawah apakah sudah habis atau belum. Bila sudah habis, anda bisa mengisinya kembali supaya mesin jahit dapat digunakan kembali.

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Mesin Jahit Rusak!


Ada banyak sekali penyebab yang bisa membuat mesin jahit mengalami kerusakan. Beberapa diantaranya seperti berikut!


  1. Jarum jahit yang sering patah
  2. Kondisi mesin jahit yang jarang dibersihkan
  3. Benang jahit atas dan bawah sering putus
  4. Pergerakan kain tidak lancar
  5. Mesin memiliki suara lebih keras dari sebelumnya
  6. Dll


Berbagai macam kendala seperti tersebut bisa anda atasi dengan mudah. Anda bisa memperbaiki mesin jahit tersebut dengan beberapa tips di atas supaya dapat digunakan kembali.

Berbagai macam kendala yang ada pada mesin juga harus anda perhatikan agar penanganan bisa dilakukan dengan baik.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memperbaiki mesin jahit. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Related Posts

√ Cara Ampuh Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.