Sabtu, 06 Juni 2020

√ Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak


Smartphone memiliki dua macam tipe penyimanan, yakni memori internal dan memori eksternal. Memori internal merupakan bawaan dari smartphone yang sudah disediakan sesuai spesifikasi smartphone, sementara memori eksternal merupakan memori yang dipasangkan pada smartphone. Untuk kapasitas bisa dipilih sesuai keinginan penggunanya.

Kartu SD bisa saja mengalami kerusakan bilamana sering dilepas atau sering terjatuh. Hal ini bisa menyebabkan kartu SD tidak bisa terbaca di smartphone. Melihat itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kartu SD bisa berfungsi normal kembali. Berikut adalah cara memperbaiki kartu SD yang rusak!

Bersihkan Kartu SD


Apakah kartu SD milik anda mengalami kendala tidak terbaca? Anda bisa melakukan cara yang satu ini. Langkah yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan kartu SD yang ada di dalam smartphone terlebih dahulu. Tidak terbacanya kartu SD bisanya disebabkan lempengan tembaga yang tidak berfungsi.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan penghapus. Lakukan secara perlahan pada bagian lempengan tembaga yang bewarna emas. Bila sudah, anda bisa memasukan kembali kartu SD ke dalam smartphone. Cek apakah kartu memori tersebut sudah terbaca atau belum.

Coba di Smartphone Lain


Tidak terbacanya kartu SD juga terkadang karena kondisi smartphone yang sudah tidak layak digunakan. Khususnya pada bagian penempatan kartu SD yang tidak bisa membacanya. Disini anda bisa mengecek kartu SD di smartphone orang lain apakah terbaca atau tidak.

Bilamana kartu SD anda terbaca, maka smartphone anda yang mengalami kendala. Anda bisa memperbaiki konektor pada smarphone ke konter supaya bisa membaca kartu SD kembali.

Format Kartu SD


Banyaknya file pada kartu SD terkadang dapat membuat memori eror. Sehingga memori tidak bisa terbaca di smartphone anda. Untuk menangani hal seperti ini, anda bisa melakukan pemformatan pada kartu SD yang digunakan. Tujuan dari format kartu SD adalah untuk mengosongkan semua isi yang ada pada memori tersebut.

Untuk melakukan pemformatan sangatlah mudah, disini anda tinggal mencari menu storage kartu SD, kemudian pilih format dan erase. Tunggu saja hingga proses selesai, kartu SD siap digunakan kembali.

Format Melalui Komputer


Terkadang memformat kartu SD melalui smartphone seringkali mengalami kendala. Namun jika anda ingin melakukan pemformatan kartu SD lebih efektif, anda bisa menggunakan komputer. Disini anda membutuhkan alat lainnya seperti card reader yang berfungsi untuk menghubungkan kertu memori ke komputer.

Disini anda tinggal mencari menu kartu SD pada komputer, kemudian klik kanan, nantinya ada pilihan format lalu klik saja. Secara otomatis kartu SD anda akan mengalami proses pemformatan dalam waktu yang singkat.

Mengganti Yang Baru


Tips yang terakhir menjadi solusi yang cepat bilamana beberapa cara di atas tidak ada perubahan sama sekali. Anda bisa membeli kartu SD yang baru agar bisa terbaca di smartphone anda. Ada banyak sekali kapasitas kartu SD yang bisa anda pilih seperti, 2 Gb, 4, Gb. 8 Gb, dan seterusnya.

Untuk pembelian bisa anda dapatkan di konter terdekat atau membeli secara online dengan memanfaatkan smartphone anda. Cari harga yang terjangkau dan anda juga harus melakukan survey terlebih dahulu mengenai harga kartu SD supaya tidak tertipu.

Itulah beberapa tips memperbaiki kartu SD yang rusak. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas agar kartu SD anda dapat diperbaiki. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Related Posts

√ Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.